Bakpia (Pathok) Renyah by Susana Gracia Cathrine



by Susana Gracia Cathrine

Resep Pia ini, renyah dan kering.. jadi lebih awet dari pia model bakpia pathuk yang lembut kulitnya, tapi kulitnya mrupul dan beremah jadi .. Jika suka kulit pia yang renyah dan kering, pakai saja resep kulit bakpia (pathok) Renyah ini ..

Bikin adonan kulit bakpia atau pia gini keliatannya ribet ya teman2 .. perlu dua kali kerja.. apalagi yang bakpia ala pathuk tuch perlu di rendam2 segala di minyak.. tapi kalau yang pia renyah ini tidak perlu.. karena memang nanti hasil akhirnya renyah ..
Tetapi sebenarnya kalau sudah di kerjakan ya mudah saja kok.. cuma perlu telaten.. asalkan di nikmati.. bikin apapun terasa menyenangkan.. ya nggak ?
Cooking & Baking is fun..

Source : diahdidi.com


Bahan-bahan
● Kulit A ●
250 gr Tepung terigu protein sedang
125 ml minyak goreng
75 ml air
50 gr gula halus
1/2 sdt garam
● Kulit B ●
100 gr Tepung terigu protein sedang
50 ml minyak goreng
● Bahan Isi ●
150 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
70 gr gula pasir
125 ml santan kental
1/2 sendok teh garam
150 gr keju


Langkah

>> Membuat isi << - Tiriskan kacang hijau kupas yang telah direndam selama 1 jam, kukus hingga matang, kira-kira memerlukan waktu 10 menit. - Masukkan kacang hijau, santan, gula, garam ke dalam blender dan proses hingga halus. - Tuangkan ke dalam panci kecil atau wajan (anti lengket lebih baik). - Masukkan daun pandan dan keju masak sambil diaduk-aduk hingga airnya mengering. (Gunakan api kecil saja saat memasak) - Jika adonan isi telah menjadi kalis dan bisa dibentuk, angkat dan sisihkan
>>> Kulit <<< - Adonan A : campur semua bahan kulit 1 hingga rata, uleni hingga rata, sisihkan (adonan jadinya kalis dan lembab) - Adonan B : campur semua bahan hingga rata, sisihkan (adonan jadinya agak mawur, tapi lembab juga)
Bagi adonan A & B jadi 20 bagian


Pipihkan adonan A, beri adonan B di atasnya


Bentuk amplop, lalu gilas, bentuk amplop lagi dan gilas lagi, lakukan hingga 3 kali.. (keliatannya ribet ya.. tapi kalau sudah di lakukan.. tidak kok..)


Pipihkan adonan kulit pia, isi dengan bahan isi, lalu bentuk bulat pipih


Oven 15 - 20 menit di suhu 180 C, sampai matang, bolak balik jika perlu


Sajikan






0 Response to "Bakpia (Pathok) Renyah by Susana Gracia Cathrine"

Posting Komentar