Bubur Candil, Perpaduan Antara Manis Dan Gurih Yang Sangat Lezat

Bubur Candil, Perpaduan Antara Manis Dan Gurih Yang  Sangat Lezat

Apa kabar pemburu makanan tradisional? Sudah dapat menu apa hari ini? Pagi ini saya mau coba membagikan resep jajanan yang memadukan antara manis dan gurih. Ini dia, perkenalkan menu resep hari ini, Bubur Candil. Hee.. Kalau mendengar dan melihat makanan yang satu ini, saya serasa bernostalgia ke masa-masa saya masih SMP. Kenapa? Karena pada masa-masa SMP inilah saya sering sekali makan bubur candil ini. Bagaimana tidak, setiap pulang sekolah saya selalu melewati warung tempat ibu-ibu berjualan bubur candil ini. Dan saya juga masih inget nama julukan ibu penjual bubur candil ini, julukannya “Mbok Budeg”. Julukan ini disematkan karena memang kalau bicara dengan Mbok Budeg harus dengan suara yang keras. Kalau dengan suara pelan, beliau justru tidak mendengar apa yang kita ucapkan. Sebenarnya saya mengenal bubur candil ini sejak saya masih di Sekolah Dasar. Waktu itu kakak perempuan saya yang mengenalkan saya pada bubur candil ini. Kesan pertama ketika melihat jajanan ini, aneh dan rada jijik. Karena tekstur makanan ini mirip dengan dahak. Tapi begitu mencoba mencicipinya, langsung saya dibuat jatuh hati dengan perpaduan rasa gurihnya santan kelapa dan manisnya gula merah atau gula jawa. Oke-oke,saya akan langsung membagikan resep dan cara membuat bubur candil ini. Ini dia :

Resep Membuat Bubur Candil Nan Lezat


Bahan Bubur Candil yang dibutuhkan :


Candil
250 ml air
100 gr tepung maizena
1 buah ubi merah, rebus, hancurkan
258 gr tepung ketan
1/2 sdt garam

Bahan Kuah Bubur Candil :


150 gr gula merah, sisir
1 sdm tepung kanji, larutkan dalam 2 sdm air
500 ml air
1 lembar daun pandan, potong2
gula pasir (boleh tidak)

Bahan Saus Santan :

1 sdt tepung maizena larutkan di dalam 1 sdm air
150 ml santan
1/2 sdt garam

Cara Membuat Bubur Candil Lezat :


1. Pertama, aduklah tepung ketan, garam, kanji, dan ubi.
2. Masukkanlah air sedikit demi sedikit sembari diaduk hingga adonan bisa dipulung.
3. Bentuklah adonan memanjang dengan ukuran diameter 1 cm, terus potong-potonglah 2 cm.
Boleh pula bila dibentuk bola kelereng sebesar ibu jari, sisihkanlah supaya tak menempel satu dengan lainnya.
4. Kini didihkanlah air bersama daun pandan, lalu masukan bulatan candil, terus diaduk supaya tidak menempel hingga mengapung nanti.
5. Tuanglah larutan maizena sembari diaduk terus. Kemudian didihkan sebentar, terus diangkat. 

Cara Membuat Saus Santan Untuk Bubur Candil:


1. Untuk membuat saus santan: campurkan seluruh bahan.
2. Terus, didihkanlah sembari diaduk terus di atas api kecil. Angkatlah, dinginkan.

Setelah bubur candil dan saus santannya sudah matang, kemudian dinginkan. Bila keduanya telah dingin, tuanglah bubur candil di mangkuk. Jangan lupa untuk sirami dengan saus santan. Cocok juga disajikan dengan ditambahkan es batu. Bubur Candil siap untuk dinikmati sekarang.

Bagaimana, mudah dan sederhana kan cara membuat Bubur Candil ini? Sudah tidak sabar ya buat mencobanya? Oke, sekian resep Bubur Candil dari saya. Selamat Mencoba.

0 Response to "Bubur Candil, Perpaduan Antara Manis Dan Gurih Yang Sangat Lezat"

Posting Komentar