Resep Bubur Sumsum, Makanan Tradisional Asli Indonesia

Selamat malam pemburu jajanan pasar. Resep kali ini masih bergenre manis dan gurih. Maklum resep ini berasal dari Jawa Tengah yang memang lebih terkenal dengan rasa manisnya. Resep jajanan pasar nan tradisional kali ini adalah Bubur Sumsum. Kenapa namanya bubur sumsum? Karena tekstur makanan ini lembut seperti bubur, dan warnanya putih seperti warna sumsum pada tulang. Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, makanan ini perpaduan antara rasa gurih dan manis. Rasa gurih didapatkan dari bubur sumsumnya, dan rasa manis berasal dari kuah gula jawanya. Kalau orang jawa bilang namanya juruh. Nah bubur sumsum ini kalau di Jawa biasanya pasti ada pada saat pembubaran panitia. Kenapa seperti itu? Katanya sih, bubur sumsum ini punya filosofi Jawa yang tujuannya biar “Mbalung Sumsum”. Yang maknanya kurang lebih biar punya ikatan yang erat seperti ikatan antara “Balung” (Tulang) dengan “Sumsum”. Oke, untuk resep bahan dan pembuatan Bubur Sumsum, bisa langsung disimak di bawah ini

Penyajian Bubur Sumsum dengan Mangkok

Bahan Bubur Sumsum :

1. 250 gram - tepung beras
2. 1/2 sendok teh – garam
3. 1 lembar - daun pandan disobek-sobek
4. 1200 ml santan dari 1 butir kelapa
5. Bahan saus gula merah :
6. 200 ml – air
7. 250 gram - gula merah diserut
8. 2 lembar - daun pandan disimpul

Cara Membuat Bubur Sumsum :

1. Pertama,campur dan aduk hingga benar-benar rata setengah bagian santan (600 ml) dengan garam dan tepung beras, sisihkan untuk sementara.
2. Sedangkan sisa santan (600 ml) dimasak dalam panci dengan api sedang bersama daun pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
3. Tuangkan adonan tepung beras tadi selanjutnya masak di atas api kecil. Aduk-aduk hingga adonan matang mengental dan menjadi lembut lalu matikan api. Proses memasaknya cukup memakan waktu supaya bubur tidak berbau tepung mentah dan terus diaduk supaya adonan tidak menggumpal atau gosong.
4. Sementara itu untuk membuat sausnya, kita campurkan air beserta gula merah dan daun pandan. Masak hingga mengental lalu angkat dan saring.

Untuk penyajian silahkan ambil bubur sumsum tadi, tuang dalam mangkuk saji kemudian sirami dengan saus gula merahnya. Bubur sumsum siap disantap dalam keadaan hangat atau sudah dingin.
Selamat Mencoba

0 Response to "Resep Bubur Sumsum, Makanan Tradisional Asli Indonesia"

Posting Komentar